VALIDITAS DAN RELIABILITAS



Instrumen yang baik haruslah memenuhi atau melewati uji validitas dan uji reliabilitas. Banyak sekali macam-macam instrumen yang digunakan dalam penelitian yang berfungsi untuk menggali informasi secara langsung. informasi yang didapat tersebutlah yang perlu diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menunjukkan apakah instrumen tersebut mampu mengukur apa yang harus diukur. Sedangkan uji reliabilitas menunjukkan konsistensi atas hasil ukuran walaupun digunakan untuk mengukur berulang-ulang kali.

A.     Uji Validitas
Validitas insrumen berhubungan dengan ketepatan terhadap apa yang mesti diukur oleh instrumen dan seberapa cermat instrumen melakukan pengukurannya. Dengan kata lain validitas instrumen berhubungan dengan ketepatan instrumen tersebut terhadap konsep yang akan diukur, sehingga betul-betul bisa mengukur apa yang seharusnya diukur. Menurut jenisnya validitas dibagi menjadi tiga bagian yaitu validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empiris atau validitas kriteria.
Validitas isi suatu instrumen mempermasalahkan seberapa jauh suatu instrumen mengukur tingkat penguasaan terhadap isi suatu materi tertentu yang seharusnya dikuasai sesuai dengan tujuan pengajaran. Validitas konstruk adalah validitas yang mempermasalahkan seberapa jauh item-item instrumen mampu mengukur apa yang benar-benar hendak diukur sesuai dengan konsep khusus atau definisi konseptual yang ditetapkan. Validitas empiris atai validitas kriteria yang berarti bahwa validitas ditentukan berdasarkan kriteria baik kriteria internal maupun kriteria eksternal. Kriteria internal adalah instrumen itu sendiri yang menjadi kriteria, sedankan kriterian eksternal adalah hasil ukur instrumen lain diluar instrumen itu sendiri yang menjadi kriteria. Ukuran lain yang dianggap sudah baku atau dapat dipercaya dapat pula dijadikan sebagai kriteria eksternal. Validitas yang ditentukan berdasarkan kriteria internal disebut validitas internal sedangkan validitas yang ditentukan berdasarkan kriteria eksternal disebut validitas eksternal. Validitas eksternal dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu validitas konkuren dan validitas prediktif.


B.     Uji Reliabilitas
Reliabilitas sebenarnya adalah alat untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk. Suatu kuesioner dikatakan reliable atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Instrumen yang dinyatakan andal apabila memiliki nilai alpha Cronbach > 0.7. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SARANA BERPIKIR ILMIAH

Buku Cetak SMA